Penasaran Dengan Gaji Masinis?
Penasaran Dengan Gaji Masinis?

Penasaran Dengan Gaji Masinis? Berikut Rinciannya Beserta Tunjuangan yang didapatkan !

Diposting pada

Saat ini masinis merupakan pekerjaan yang dipandang elit oleh mayoritas masyarakat. Selain karna memiliki baju dinas, nyatanya gaji masinis bisa mencapai 2 digit per bulan.

Sebagai pengemudi dari kereta api, masinis memiliki tanggung jawab yang cukup besar, membawa penampang yang terdiri dari beberapa gerbong, agar kereta api berjalan pada koridornya. Sehingga dibutuhkan kemahiran, ketelitian dan kedisiplinan dalam mengemban tugas sebagai masinis.

Dari tahun ke tahun karir masinis tampaknya cukup bersinar. Hingga Anda bisa dijadikan menantu idaman jika karna bekerja sebagai masinis.

Berapa gaji masinis?

Secara umum total penghasilan masinis berada dikisaran 13 juta per bulannya. Rincian tersebut 8 sampai 10 juta gaji pokok dan 3 juta lainnya adalah tunjangan. 

Hal itu termasuk THP atau Take Home Pay. Artinya seluruh pendapatan tiap bulan yang dibawa pulang masinis berjumlah lebih kurang 13 juta.

Penghasilan tersebut adalah gaji masinis untuk masinis muda, nah jadi untuk masinis senior besar kemungkinan THP nya lebih dari 13 juta.

Baca juga :Rincian Lengkap Gaji Pramugari Kereta Api di PT KAI

Berapa gaji masinis KRL?

Saat ini moda transportasi kereta ada beberapa jenis. Diantaranya Kereta Api yang sudah familiar dan menyejarah di Indonesia, selanjutnya ada Kereta Rel Listrik atau KRL, kemudian yang saat ini dikembangkan adalah kereta cepat.

Nah, Anda sudah tau gaji masinis kereta api pada umumnya berkisar 8 hingga 10 juta. Hal ini tidak jauh berbeda dari gaji masinis KRL, yaitu ada diangka 6 sampai 9 juta. Nominal tersebut sudah termasuk tunjangan kesehatan dan tunjangan resiko.

10 Tunjangan yang didapatkan masinis

Total gaji masinis yang mencapai 2 digit ternyata didukung dengan beberapa tunjangan berikut ini, diantaranya :

  1. Tunjangan anak istri sebesar 10 % dari gaji pokok, maksimal 3 orang(1 istri dan 2 anak).
  2. Tunjangan emolemen atau disebut pula uang emolemen, berkisar 200 ribu hingga 600 ribu rupiah per bulan. Tergantung pendidikan terakhir yang dimiliki masinis tersebut.  
  3. Tunjangan perjalanan dinas, dari hasil infografis terakhir diketahui bernilai 375 ribu per bulan.
  4. Tunjangan resiko masinis, menurut data terakhir ada denominal 1 juta rupiah per bulan.
  5. Tunjangan premi karyawan PT KAI.
  6. Tunjangan Jabatan Struktural.
  7. Tunjangan rekreasi.
  8. Tunjangan rumah.
  9. Tunjangan transportasi.
  10. Tunjangan kebugaran.

Prosedur apa saja yang dilalui untuk menjadi masinis?

Untuk mencapai gaji masinis yang bernilai 2 digit, tentu harus melewati berbagai prosesnya. Prosedur yang paling utama adalah siapkan mental. Mental pemenang perlu ada untuk berbesar hati menghadapi ratusan pelamar dari seluruh penjuru di Indonesia.

Kesiapan mental diperlukan agar tidak ada perbuatan curang atau mengambil hak orang lain dalam proses rekrutment.

Berikut ini prosedur yang perlu dipersiapkan untuk menjadi masinis :

1. Siapkan fisik/kesehatan diri

Pada tahapan ini Anda akan dites fisik, seperti lari. Tak hanya itu, Anda akan dicek tinggi badan, kesehatan badan dan sebagainya yang berkaitan dengan diri Anda sendiri.

2. Administrasi

Sembari mempersiapkan fisik, siapkanlah administrasi, yang berisi data diri, ijazah dan surat-surat lainnya.

3. Siapkan pengetahuan anda

Hal ini termasuk pada tahapan awal proses rekrutmen. Pada tahapan ini Anda akan melakukan tes psikologi, tes pengetahuan umum. Setelah lulus tes tersebut, Anda akan masuk pada tes wawancara. Maka mempersiapkan diri sejak diri sangat diperlukan bagi calon masinis.

4. Menjalani Diklat

Setelah melalui tahapan rekrutmen dan dinyatakan lulus, selanjutnya sebagai calon masinis Anda harus menjalani pendidikan dasar  atau Basic Development Program yang biasanya dilaksanakan di markas militer .

Program tersebut dilaksanakan lebih kurang 2,5 bulan. Terdiri dari pendidikan dasar dan pelatihan guna menjadi awak sarana perkeretaapian.

5. Praktik mengoperasikan lokomotif

Pada pendidikan dan pelatihan dasar, calon masinis diberi teori perihal teknis pengoperasian, sarana perkeretaapian dan pemahaman lintasan. Maka selanjutnya teori tersebut diimplementasikan melalui praktik pengoperasian lokomotif/kereta api oleh petugas perawatan sarana, dan praktik pengoperasian lokomotif berpenggerak non listrik didampingi oleh pelatih masinis. Praktik ini dilakukan selama kurang lebih 3 bulan.  

Setelah memahami teknis dan praktik, calon masinis wajib memahami perlintasan. Hal ini dilakukan dengan mengikutsertakan calon masinis dalam perjalanan kereta api. Nah pada proses ini, calon masinis bertugas sebagai asisten masinis.  

6. Berperan sebagai asisten masinis

Untuk mencapai peran ini, setelah melalui tahapan diklat dan praktik pengoperasian lokomotif, Anda harus mengikuti Uji Sertifikasi Awak Sarana Perkeretaapian Tingkat Pertama dari Dirjen Perkeretaapian.

Jika dinyatakan lulus, Anda akan mendampingi masinis dalam mengoperasikan kereta api, dan sudah mendapat sertifikasi untuk selanjutnya menjadi seorang masinis. Namun perlu dicatat bahwa Anda harus melalui 2000 jam kerja untuk menjadi seorang masinis.

7. Masinis Kereta API

Agar tiba pada karir sebagai masinis. Anda harus melakukan ujian untuk mendapatkan izin mengendarai kereta api melalui Uji Sertifikasi Awak Sarana Perkeretaapian Tingkat Muda.

Terakhir jika ingin naik jabatan dan tentunya naik gaji, Anda bisa mengikuti Uji Awak Sarana Perkeretaapian Tingkat Madya untuk sampai pada masinis senior.

Demikianlah gaji masinis yang masih menjadi impian bagi banyak orang. Jika artikel ini bermanfaat, silahkan dishare.

Ikuti update tentang informasi gaji terbaru lainnya di Google News.

Cari outfit kerja keren? Lihat koleksi terbaiknya di sini!

Baca Juga :  ✔ Gaji PT Virama Karya Paling Baru Berbagai Jabatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *