Gaji Tukang Parkir Pesawat Bandara di Indonesia
Gaji Tukang Parkir Pesawat Bandara di Indonesia

Mau Tahu Gaji Tukang Parkir Pesawat Bandara di Indonesia? Menggiurkan Lho!

Diposting pada

Kamu pasti bertanya-tanya, berapa sih kisaran gaji tukang parkir pesawat di bandara itu? Mungkin di benak kita beranggapan bahwa seorang juru parkir pesawat atau marshaller sama seperti pekerja-pekerja di bandara pada umumnya dan bisa diasumsikan sallary yang mereka dapatkan setiap bulannya gak jauh dari UMR daerah. Apalagi seorang juru parkir pesawat ini memang kurang familiar di telinga kita.

Mengenai gaji seorang juru parkir di bandara ternyata sesuai dengan job desk yang harus mereka kerjakan dan ternyata menjadi tukang parkir pesawat itu gak semudah itu lho! Mereka harus dituntut memiliki sertifikasi khusus untuk memarkirkan pesawat ketika mendarat di landasan pacu bandara.

Ternyata, Segini Lho Gaji Tukang Parkir Pesawat di Bandara!

Di samping itu, seorang tukang parkir pesawat pun harus mengarahkan pada pilot kapan pesawat harus maju, mundur, belok ke kanan maupun ke kiri, serta memberikan komando yang tepat kepada pilot. Biasanya mereka menggunakan sebuah mobil khusus untuk memberikan arahan kepada pilot dengan tulisan ‘Follow Me’ agar pesawat sampai ke tempat parkir sesuai tujuan.

Karena perannya yang sangat vital di lingkungan bandara maka kisaran gaji seorang tukang parkir pesawat ternyata sangat menggiurkan, sobat! Jika dirata-rata secara keseluruhan dari berbagai dunia mengenai gaji marshaller ini seperti dikutip dari Ziprecruiter adalah Rp 302.500 per jam atau setara dengan 21 dollar per jam (kurs Rp 14.400).

Baca juga :

Tugas dan Gaji Teknisi Pesawat yang mungkin Tidak Anda Ketahuhi

Gaji Tukang Parkir Pesawat Di Amerika Serikat

Misalnya saja di Amerika Serikat, untuk seorang marshaller bisa memiliki gaji tahunan sebesar Rp 622 juta. Jika dibandingkan setara dengan gaji seorang manager perusahaan besar di Indonesia, yaitu sebesar Rp 51,9 juta per bulan.
Sangat menggiurkan tentunya, namun setiap wilayah negara memiliki variasi untuk gaji seorang juru parkir itu sendiri dan tidak bisa disamakan antara negara yang satu dengan yang lain. Di samping itu, kisaran gaji yang bervariasi bagi seorang marshaller bisa disebabkan karena berdasarkan dari tingkat pengalaman, keterampilan, dan lokasi bandara.

Baca Juga :  Gaji Marshaller Perbulan di Indonesia dan Luar Negeri

Gaji Tukang Parkir Pesawat Di Indonesia

Untuk wilayah negara Indonesia sendiri, ternyata seorang juru parkir pesawat di bandara juga termasuk salah satu pekerjaan yang cukup diperhitungkan dengan gaji yang terbilang besar. Dirangkum dari berbagai sumber, gaji tukang parkir pesawat di Indonesia berkisar 5-7 juta per bulan yang disesuaikan dengan wilayah atau daerah bandara yang dimaksud.

Misalnya saja di Bandara Soekarno Hatta dengan Bandara Adi Soemarno bisa dimungkinkan memiliki sedikit perbedaan kisaran gaji bagi seorang marshaller. Satu hal lagi bahwa seorang juru parkir pesawat pun memiliki jam kerja yang tidak seperti orang kantoran pada umumnya karena disesuaikan dengan jadwal penerbangan pesawat itu sendiri.

Baca juga :

Berapa Gaji Pilot Lulusan Baru dan Berpengalaman di Setiap Maskapai?

Umumnya mereka bekerja dari jam 06.00 – 19.00 malam dan 18.00 – 07.00 pagi. Jika dipukul rata maka petugas parkir pesawat bisa menghabiskan 13 jam sehari atau melewati shift dengan diselingi oleh istirahat maupun break.

Daftar Sekolah Untuk Menjadi Tukang Parkir Pesawat

  1. Jogja Flight Indonesia
  2. AVIA Kampus Penerbangan
  3. SAS Training Center

Menjadi juru parkir pesawat di bandara untuk wilayah Indonesia memang masih kurang begitu diminati oleh para pencari kerja dikarenakan harus memiliki syarat yang mumpuni dengan jam kerja yang lumayan panjang. Namun demikian, jika memiliki keahlian maupun keterampilan serta pengalaman yang mumpuni bagi seorang marshaller ini tentunya gaji yang didapat akan lebih besar dan sangat menggiurkan.

Mungkin kamu tertarik untuk menjadi seorang juru parkir pesawat di bandara dengan gaji yang terbilang besar tersebut? Satu hal yang pasti, kamu harus benar-benar siap dan memiliki sertifikasi keterampilan sesuai dengan pekerjaan yang kamu inginkan. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *