Gaji Nahkoda di Indonesia

Gaji Nahkoda di Indonesia Yang Mungkin Belum Kalian Ketahui

Diposting pada

Gaji Nahkoda di Indonesia – Perlu kalian ketahui gaji nahkoda di Indonesia sebenarnya cukup tinggi. Apakah Anda pernah bercita-cita untuk keliling dunia dengan melewati lautan yang luas? Atau memiliki mimpi untuk dapat memimpin suatu pelayaran dengan kapal pesiar yang besar dan megah? Mungkin pilihan untuk berkarier sebagai nakhoda akan cocok buat Anda.

Tugas nakhoda dalam sebuah kapal sangatlah penting. Nakhoda digambarkan sebagai sebuah kepala yang dapat mengendalikan bagian tubuh di bawahnya. Maka dari itu, nakhoda harus memiliki yang namanya jiwa kepemimpinan yang tegas agar tidak terjadi suatu hal yang tidak diinginkan di atas kapal. Hal ini menjadikan tanggung jawab seorang nakhoda memang sangat besar, maka dari itu wajar jika nahkoda juga memiliki penghasilan yang besar.

Baca juga : Gaji PT Tesco Indomaritim Terbaru Berbagai Posisi

Bagaimana kesempatan untuk berkarier sebagai seorang nakhoda di Indonesia?

Indonesia sebagai negara dengan berbagai kepulauan terbesar yang ada di dunia, karier di bidang kelautan tentu memiliki peluang yang sangat lebar. Berkarier sebagai nahkoda memang lumayan sulit karena selain harus memiliki keahlian tertentu, Anda juga harus memiliki mental dan fisik yang kuat karena Anda tidak akan pulang ke rumah selama berbulan-bulan ketika memilih menjadi nahkoda.

Gaji Nahkoda di Indonesia

Di Negara Indonesia, pelaut memang masih menjadi profesi yang kurang diminati. Padahal, pekerjaan ini bergaji menggiurkan. Gaji yang diperoleh seorang nahkoda bisa mencapai ratusan juta per bulannya.
Wahyu Satryo Utomo selaku Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Perhubungan mengungkapkan bahwa seorang pelaut pemula yang baru saja lulus dari kuliah pelayaran dengan posisi sebagai perwira di bawah nakhoda akan ‎mendapatkan gaji sebesar Rp 4-5 juta per bulan.

Baca Juga :  Gaji PT Sintong Abadi 2024

Meskipun pemula, besaran Gaji Nahkoda di Indonesia tersebut juga tergantung dengan perusahaannya. Jika Anda bekerja di perusahaan asing meski posisi Anda sebagai perwira di bawah nahkoda maka gaji Anda akan lebih dari Rp. 10 Juta per bulannya.

Tomi juga bercerita bahwa perusahaan-perusahaan asing atau perusahaan luar memberi gaji kepada para nahkodanya lebih tinggi ketimbang dengan perusahaan nasional. Apabila Anda bekerja di perusahaan asing dan posisi And sebagai nahkoda, maka kata Tomi gaji seorang nahkoda akan mendapatkan gaji yang lebih tinggi dari yang lainnya terutama bagi Anda yang sudah mempunyai pengalaman bisa mencapai US$ 11 ribu per bulannya atau jika dijadikan uang Indonesia Rp. 154 juta rupiah perbulannya. Bagaimana tertarik?

Pelaut atau nahkoda tidak hanya bekerja di kapal container, kapal-kapal pesiar dan sejenisnya. Nakhoda yang bekerja dibagian offshore pengeboran minyak, akan mendapatkan gaji yang lebih besar.
Menurut Tomi, gaji seorang pelaut atau nahkoda yang bekerja sebagai offshore dengan tingkat bahaya yang tinggi, dimana ia akan menyandarkan kapalnya ke tengah laut dan akan berhadapan dengan ombak yang tinggi dan ekstrem. Sehingga dengan tingkat bahaya yang cukup tinggi tersebut, Gaji Nahkoda di Indonesia yang bekerja di tengah laut ini per jamnya dibayar US$ 500 dollar atau jika dirupiahkan menjadi Rp. 7 juta rupiah.

Peluang Jenjang karir Seorang Pelaut

Pelaut juga memilik peluang untuk bisa menjadi seorang dosen di sebuah sekolah pelayaran. Gajinya pun juga cukup besar dan tidak perlu untuk lama-lama berlayar di laut, sehingga jarang untuk pulang. Tomi juga mengatakan, selain pelaut, dosen atau tenaga pengajar bagi para pelaut pun juga masih kurang atau kurang diminati.

Baca Juga :  Rahasia Gaji PT Alamjaya Wirasentosa yang Harus Anda Ketahui

Untuk gajinya sendiri bagi para pengajar di sekolah pelayaran per bulannya akan menerima gaji sebesar diatas Rp. 20 juta. Sedangkan jika Anda memilih untuk menjadi seorang pelaut atau nahkoda, maka gaji Anda akan lebih dari Rp. 30 juta. Jadi, bagaimana? Tertarik untuk menjadi nahkoda atau pengajar bagi para pelaut?

Mungkin itulah pembahasan tentang Gaji Nahkoda di Indonesia, Jalan untuk mencapai kesuksesan memang tidak sedikit, tetapi untuk memperoleh uang yang berkah kalian harus memakai cara khusus , yakni doa dan kerja keras. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk pembaca sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *