Faktor yang Memengaruhi Besaran Gaji Pramugari Sriwijaya Air, Apa Saja
sumber : pinterest.com

Faktor yang Memengaruhi Besaran Gaji Pramugari Sriwijaya Air, Apa Saja?

Diposting pada

Gaji Pramugari Sriwijaya Air sekitar 19 juta rupiah setiap bulan. Angka tersebut terbilang kecil jika Anda bandingkan dengan Garuda Indonesia.

Meski demikian dalam pandangan orang awam, nominal tersebut cukup besar. Apalagi jika Anda bandingkan dengan skala UMR yang rata-ratanya mencapai 2 juta rupiah tergantung daerah masing-masing.

Dengan itu, profesi sebagai pramugari terlihat mewah. Diidam-idamkan oleh para wanita dari jenjang pendidikan SMA. Kenapa? Soalnya lewat nominal demikian, mereka dapat membeli barang-barang yang diinginkan tanpa memikirkan harganya.

Pada sisi lain, cita-cita mereka dalam kehidupan seperti menikah di usia muda dapat terlaksana dengan baik jika bekerja sebagai pramugari. Bukan pekerjaan lain yang sebenarnya mewah dan menawarkan gaji melimpah ke karyawan.

Faktor yang Mempengaruhi Gaji Pramugari Sriwijaya Air

Sebagaimana disebutkan tadi, gaji pramugari Sriwijaya Air tembus di kisaran 19 juta rupiah. Angka tersebut sebenarnya dipengaruhi beberapa faktor, seperti:

1. Jam Terbang

Pramugari senior sering bertemu dengan penumpang yang memiliki karakter masing-masing. Mereka juga pernah mengalami situasi darurat yang membahayakan keselamatannya sebagai pramugari maskapai penerbangan.

Dengan demikian, seorang senior seharusnya sudah paham menangani beragam situasi, termasuk yang darurat. Mengingat jam terbang mereka di dunia penerbangan lebih banyak ketimbang junior.

Berkat pengalaman tersebut, pramugari senior memperoleh gaji hingga puluhan juta rupiah. Belum termasuk tunjangan tambahan, semisal transportasi atau uang makan. Gaji tersebut lebih besar dibandingkan mereka yang baru bergabung.

Baca juga:

Simak Gaji Pramugari Garuda Indonesia Berdasarkan Jabatannya

2. Jabatan yang Diemban

Setidaknya ada empat jabatan utama dalam dunia pramugari. Mulai dari junior, tim medis sampai Flight Management Service. Setiap jabatan tersebut menawarkan upah yang berbeda satu sama lain. Bila tidak percaya, mari ungkap satu per satu.

Baca Juga :  ✔ Gaji PT Sany Perkasa Terbaru

Gaji pramugari Sriwijaya Air dengan posisi Flight Management Service mencapai 25 juta rupiah. Sementara itu, tim medis menerima upah sampai 23 juta rupiah. Itu sudah termasuk tunjangan-tunjangan lain, seperti uang makan dan transportasi.

Bagi mereka yang baru masuk, tentu angkanya lebih sedikit ketimbang kedua jabatan di atas. Tenang saja, seiring berjalannya waktu gaji akan meningkat.

Baca juga:

Informasi Gaji Pramugari Terbaru 2022: Semua Maskapai Indonesia

3. Keterampilan

Tugas utama seorang pramugari adalah melayani penumpang sebaik mungkin sampai mereka merasa puas. Cakupan pelayanannya meliputi pemberian makanan, mendengarkan keluh kesah pelanggan sampai mengantarkan minuman.

Untuk itu, pramugari diharuskan mengikuti beragam pelatihan yang memakan waktu sampai tiga bulan atau lebih, tergantung kebijakan masing-masing lembaga. Pelatihan ini berguna dalam meningkatkan skill mereka ketika menjalankan tugasnya.

Lantas apa saja keterampilan yang harus dimiliki pramugari? Paling utama adalah komunikasi. Pasalnya mereka akan menghadapi penumpang dengan karakteristik dan sikap beragam.

Apabila keterampilan pramugari telah mencapai angka memuaskan, mereka akan naik jabatan. Apabila telah mencapai posisi tertinggi, gaji pramugari Sriwijaya Air tembus di kisaran puluhan juta rupiah.

Baca juga:

Berapa Gaji Pilot Lulusan Baru dan Berpengalaman di Setiap Maskapai?

4. Kinerja

Sama seperti pekerjaan lain, pramugari dituntut untuk menampilkan kinerja sebaik dan semaksimal mungkin. Dibuktikan dengan seringnya mereka dalam melayani penumpang saat pesawat lepas landas.

Apabila seorang pramugari memiliki kinerja terbaik, dia akan menerima gaji yang tinggi. Pihak maskapai pun memberikan beragam bonus yang menarik, seperti tambahan gaji, kendaraan pribadi sampai rumah dinas. Gaji pramugari Sriwijaya Air dengan kinerja baik diberikan semata-mata untuk menghargai kerja keras dalam menangani penumpang. Pada sisi lain, tujuannya adalah memotivasi orang lain untuk melakukan hal sama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *