Berapa gaji dokter swasta
Berapa gaji dokter swasta

Berapa Gaji Dokter Swasta? Simak Informasi Lengkapnya Di Bawah!

Diposting pada

Gaji dokter swasta menjadi salah satu informasi penting bagi kamu yang ingin mulai bekerja di rumah sakit swasta. Dengan mengetahui informasi ini, kamu dapat mempertimbangkan apakah kamu akan melanjutkan bekerja disana atau tidak.

Seperti pada umumnya, gaji dokter swasta pun pasti berbeda. Antara Dokter umum dan Dokter Spesialis. Selain gaji, jobdesk mereka pun tentu saja berbeda. Biasanya, dokter umum hanya bertugas memeriksa dan memberikan obat. Namun, Dokter spesialis tidak hanya memeriksa dan meresepkan obat. Ia memang ahli dalam bidang tersebut. Selain itu, ada beberapa dokter spesialis yang mendapatkan izin untuk melakukan operasi.

Gaji Dokter Swasta

1. Dokter Umum

Gaji dokter umum di swasta rata-rata memiliki gaji berkisar Rp 6.000.000 setiap bulannya. Namun, umumnya berkisar sekitar Rp 5.000.000 hingga Rp 8.000.000 tiap bulannya. Besaran gaji tersebut untuk dokter yang baru lulus dan bekerja di sebuah rumah sakit.

Akan berbeda jika, dokter tersebut telah melakukan pengabdian selama bertahun-tahun bahkan puluhan tahun. Meskipun terhitung gaji dokter besar, tetapi masih dibawah standar yang telah direkomendasikan oleh Ikatan Dokter Indonesia. Dimana kisarannya yaitu sekitar, Rp 12.500.000 untuk tiap bulannya.

Baca juga:

Berapa Gaji Dokter? Mau Tahu? Simak Ulasan Lengkapnya di Bawah Ini!

2. Dokter Spesialis

Gaji dokter swasta yang telah memiliki keahlian khusus dan telah dinyatakan lulus dari pendidikan spesialisnya, memiliki gaji yang berbeda. Dimana gaji untuk Dokter Spesialis yaitu berkisar Rp 20.000.000 untuk tiapnya.  Bahkan, angkanya bisa sangat tinggi, yaitu mencapai Rp 3 M untuk tiap bulannya.

Baca Juga :  Gaji PT Superior Prima Sukses Atau Blesscon Terlengkap

Hal tersebut tentu sebuah angka yang besar, bukan? Dari semua dokter spesialis, ada dokter bedah yang menempati posisi nomor satu untuk bayaran paling tinggi. Pasalnya, dalam satu kali operasi tumor, ia mampu menghasilkan uang sebesar Rp 50.000.000 untuk sekali operasi. Sementara untuk operasi kecil, ia dapat mengantongi uang sekitar Rp 10.000.000 hingga Rp 50.000.000 untuk setiap operasinya.

Bahkan, ia dapat menghasilkan uang Rp 100.000.000 setiap harinya. Sementara dari semua jajaran dokter bedah yang memiliki penghasilan paling tinggi yaitu, dokter Jantung. Dimana, gajinya dapat mencapai Rp 100.000.000 sampai Rp 300.000.000 untuk setiap bulannya.

Baca juga:

Berapa Gaji Dokter Gigi? Tak Perlu Kaget, Inilah Kisaran Gajinya!

Hal Yang Mempengaruhi Gaji Dokter Swasta

Setiap rumah sakit pasti memiliki sistem yang berbeda, termasuk dalam gaji seorang dokter swasta.  Adapun menurut MGMA (Medical Group Management Association), seorang dokter banyak menerima tawaran tinggi di kota-kota besar. Dibandingkan dengan daerah-daerah kecil. Selain karena faktor wilayah, ada pula faktor lainnya, diantaranya adalah sebagai berikut!

1. Rumah Sakit

Jika rumah sakit yang dituju merupakan rumah sakit yang sudah memiliki jejak rekam yang bagus dan besar, maka otomatis gaji yang didapatkan pun akan sepadan dengan citra rumah sakit tersebut. Begitu pun dengan sebaliknya.

2. Pengalaman Dan Kemampuan

Tentu gaji seorang dokter yang sudah berpengalaman dan memiliki keahlian yang mumpuni gajinya akan berbeda dengan seorang dokter pemula. Hal tersebut dapat diketahui dari ulasan perbedaan gaji antara gaji dokter lama dan pemula di atas.

3. Jenis Dokter

Seperti yang diketahui, bahwa salah satu pengaruh gaji besar atau tidak adalah jenis dokter apa yang dipilih sebagai profesi. Apakah dokter umum ataukah dokter spesialis. Jika kamu memilih menjadi seorang dokter spesialis, maka gaji dokter swasta ini akan lebih tinggi dibandingkan dengan gaji dokter umum. Namun, tentunya hal tersebut sesuai dengan resiko atau tanggung jawab yang diemban oleh profesi tersebut.

Baca Juga :  Gaji PT Maxindo Karya Anugerah Tbk 2024

Bagaimana pembahasan artikel tentang berapa gaji dokter swasta ? menarik? semoga dapat dijadikan referensi ingin berkarir menjadi seorang dokter swasta. silahkan share jika menyukai artikel ini. terimaksih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *